MacBook Air

MacBook Air pertama kali diperkenalkan pada Januari 2008. Fitur yang paling mencolok adalah casing unibody Aluminium ramping yang hanya berukuran 0,76 inci pada titik paling tebal. Saat diluncurkan, Apple mengklaim sebagai notebook tertipis yang tersedia, judul yang sejak saat itu telah diambil oleh Dell Adamo. Persaingan penting lainnya di segmen ini adalah HP Voodoo Envy 133 dan Lenovo Thinkpad X301.

MacBook Air

MacBook Air memiliki ukuran layar LCD 13,3 “dan tersedia dalam dua model, satu dengan prosesor Intel Core 2 Duo 1,86 GHz dan hard drive SATA 120GB dan yang lainnya dengan processor 2,13GHz Core 2 Duo dengan 128GB solid state drive (SSD). Kedua model memiliki RAM 2GB, chip grafis nVidia 9400M, built in Wi-Fi dan webcam terintegrasi di atas layar. Koneksi Mini DisplayPort memungkinkan monitor eksternal untuk ditambahkan. Fitur inovatif lainnya termasuk trackpad besar yang memungkinkan Anda menggunakan tindakan iPhone (seperti menggesekkan, mencubit dan memutar) dan kabel daya magnet MagSafe yang memungkinkan kabel dengan mudah melepaskan diri dari Macbook air jika tersangkut atau tersandung.

Spesifikasi MacBook Air

Beberapa fitur notebook standar harus dihilangkan dari spesifikasi MacBook Air untuk mencapai ukuran dan berat perangkat yang diperlukan. Kelalaian yang paling menonjol adalah drive DVD dimana pengguna harus membeli unit eksternal atau menggunakan perangkat lunak Remote Disc Apple yang memungkinkan akses nirkabel ke drive optik komputer lain. Port FireWire, port Ethernet, socket line-in, pembaca kartu memori, semua kecuali satu port USB dan slot kunci keamanan Kensington semuanya hilang dari spesifikasi. Air juga hanya memiliki satu speaker mono. Seperti halnya MacBook Pro, baterai tidak dapat dilepas dan disegel ke dalam casing. Batasan terakhir adalah RAM yang disolder ke motherboard sehingga tidak dapat dilepas dan karenanya tidak dapat ditingkatkan.

Masa Penggunaan Baterai MacBook Air

Berkat dimensinya yang lebih kecil dan karenanya tidak ada ruang kosong, MacBook Air memiliki daya tahan baterai lebih pendek daripada MacBook biasa. Apple mengklaim penggunaan selama lima jam dengan biaya tunggal, meskipun coba temukan informasi ini di situs mereka! Tes independen telah mengungkapkan penggunaan dunia nyata antara tiga dan empat jam dengan biaya. Menurut pendapat kami, ini masih merupakan fitur yang mengesankan, mengalahkan banyak laptop berbasis PC di area ini.

MacBook Air atau MacBook Pro

Apakah MacBook Air cocok untuk Anda ataupun tidaknya benar-benar tergantung pada bagaimana Anda menggunakan komputer Anda. Karena kurangnya port dan tidak adanya drive DVD, MacBook Pro gratis mungkin menjadi pilihan yang lebih baik berkat berbagai fitur dan masa penggunaan baterai yang lebih lama. Kita juga kebetulan berpikir bahwa MacBook Pro unibody lebih tampan daripada Air, yang tampaknya agak ketinggalan zaman bagi kita. Kami bahkan akan mengatakan lebih jauh bahwa Air mungkin akan membuktikan frustasi atas penggunaan jangka panjang, terutama karena kelalaian spesifikasi dan masa penggunaan baterai yang lebih pendek.